Bunga yang satu ini sangat terkenal, bahkan dijuluki bunga yang romantis, bunga mawar. Kebanyakan orang mengenal bunga mawar karena identik dengan ekspresi cinta yang romantis. Kelopak bunganya tersusun rapi antar satu sama lainnya, warnanya cerah membuat bunga mawar semakin terlihat elegan.

Bunga mawar sering dijadikan hadiah bagi pasangan yang saling mencintai. Tidak hanya berwarna merah, bunga mawar juga memiliki warna lain seperti putih, kuning, dan pink. Semuanya begitu terlihat cantika dan menarik saat dijadikan hadiah untuk pasangan. Wikipedia juga menyebutkan ada lebih dari 100 spesies bunga mawar. Perpaduan warna yang cerah dan memiliki aroma harum yang cukup enak, menjadika bunga mawar banyak disukai orang-orang.

Berminat untuk menanam bunga mawar? Berikut ini akan dijelaskan mengenai 3 tips dan cara menanam bunga mawar yang baik.

  1. Sesuaikan bibit atau benih mawar sesuai tempat menanam.

Agar menghasilkan bunga mawar yang indah, kamu tidak boleh memilih bibit seenaknya. Bunga mawar juga tumbuh baik di segala cuaca dan iklim. Bunga ini juga bisa tumbuh di ketinggian khusus atau dataran rendah secara subur.

  • Media tanam yang baik

Persiapkan media tanam yang baik sebelum kamu menanam bunga mawar. Tanaman bunga mawar sangat cocok tumbuh kembang pada tanah liat berpasir (kandungan litany sebesar 20-30%). Tanah ini biasanya subur, gembur, banyak bahan organik yang terkandung di dalamnya, aerasi dan memiliki drainase yang baik.

  • Cara menanam bunga mawar

Perhatikan cara menanamnya, jika tujuan menanamnya untuk tanaman hias maka tanam saja bunga mawar di pot. Sedangkan jika bermaksud menanam bunga mawar di pekarangan rumah, pastikan bunga mawar tidak terlalu sering terkena sinar matahari.

Sinar matahari yang berlebih akan membuat mawar semakin kuncup, apalagi jika mawar yang kamu miliki kekurangan pupuk dan siram air.

Berikut 3 tips dan cara menanam bunga mawar di barwah ini,

Teknik bibit

Anda bisa menanam bunga mawar dengan menggunakan teknik bibit saja karena lebih mudah. Bibitnya sendiri mending dibeli atau dibuat di Rumah. Untuk membeli bibit, kamu bisa membelinya di toko bungat seperti di aliciaflorist.com. Kisaran harganya pun bervariatif dari yang murah hingga yang cukup tinggi untuk mendapatkan bibit bunga mawar yang sehat.

Teknik stek

Cara menanam bunga mawar dengan teknik stek pada dasarnya sangatlah mudah. Teknik stek juga terbilang cepat. Namun dibutuhkan teknik stek yang tepat agar mengurangi resiko kegagalan.

Jika ingin mencobanya, kamu bisa memotong batang mawar secara meruncing kemudian tancapkan pada media tanam yang telah disiapkan sebelumnya.

  • Menanam bunga mawar dalam pot dan polybag

Siapkan media tanam pada pot atau polybag yang selanjutnya bibit bunga mawar bisa diperoleh dengan cara stek tanaman. Untuk mendapatkan bibit bunga mawar yang baik, pilihlah batang bunga mawar yang telah cukup kuat dan memiliki diameter batang yang cukup besar.

Jika bermaksud untuk menanam bunga mawar pada pot, maka pilihlah pot yang cocok sesuai selera. Pilihlah pot yang memiliki saluran air agar tidak tergenang ketika hujan. Pakailah campuran kompos ke dalam tanah untuk kemudian ditanami bunga mawar sehingga bunga mawar pun bisa tumbuh subur.

Akhirnya, kamu harus pastikan bahwa bunga mawar tersebut tidak terkena paparan sinar matahari secara langsung. Pemilihan tanah juga sebaiknya diperhatikan agar bunga mawar tumbuh subur. Terima Kasih.

Menu - 1Menu - 2
error: Content is protected !!