Cara Menanam Bunga Tulip

Bunga Tulip [cnnindonesia]

Cara Gampang Menanam Bunga Tulip Agar Berhasil

Kali ini Alicia Florist ingin bagi-bagi info seputar cara menanam bunga tulip guys. Simak baik baik ya. Apalagi, bagi kamu yang memang hobi menanam bunga atau pecinta bunga. Bisa dong, setelah kamu tanam bunga-bunga itu kamu taruh di depan rumah.

Selain agar lebih cantik, rumah kamu bakalan bisa terlihat lebih mempesona. Sebab bunga yang satu ini adalah salah satu bunga paling cantik di dunia. Kalau kamu punya bunga paling cantik, dijamin deh rumah kamu bakalan lebih cantik.

Tak hanya cantik, kamu bisa membudidayakan bunga ini dalam skala besar, agar bisa kamu jual. Sebab bunga tulip memiliki ragam manfaat untuk kesehatan manusia. Gimana cara menanam bunga tulip? Inilah langkah-langkahnya.

Mengetahui Cold Treatment

Langkah pertama dari cara tanam bunga tulip adalah kamu harus tahu bagaimana karakteristik dari bunga ini. Secara general, bunga tulip mengalami 4 bulan periode dingin agar bisa tumbuh dengan baik. Setelah tumbuh dengan baik, baru bunga ini bisa menghasilkan bunga tulip yang bisa kamu lihat di gambar-gambar.

Jadi, tidak segampang menanam bunga yang lainnya. Tapi bukan berarti mustahil dilakukan. Sistem Cold Treatment adalah menjadi kendala besar di Indonesia dalam proses penanaman bunga tulip. Namun jangan khawatir, kamu tetap bisa melakukan cold treatment pada bibit bunga tulip dengan menyimpan umbi tulip di dalam kulkas.

Hal-hal yang perlu kamu perhatikan ketika menyimpan bibit bunga tulip dengan sistem cold treatment adalah suhu kulkas. Kemudian, kamu juga harus cek secara rutin bagaimana kondisi bibit itu. Jangan sampai rusak. Kemudian, kamu perlu menjauhkan bibit itu dengan buah atau sayur yang mungkin saja bisa menimbulkan bakteri jahat yang merusak pertumbuhan si bibit.

Menanam Bibit Tulip dengan Baik

Langkah selanjutnya adalah menanam bibit dengan baik. Kalau dalam skala besar, kamu bisa menanamnya pada tanah lapang supaya bisa tumbuh banyak. Tapi kalau hanya untuk sekedar hiasan, kamu bisa memakai cara menanam bunga tulip di pot.

Perhatikan kesuburan tanah, jangan terlalu dalam memasukkan bibit bunga tulip, dan jangan lupa irigasi. Kamu harus menjamin beberapa hal ini selalu ada pada bibit bunga tulip agar bisa merangsang pertumbuhan bunga tulip secara cepat.

Merawat dan Pemeliharaan

Langkah nomor 3 adalah memelihara bunga tulip yang sudah tumbuh. Caranya adalah dengan memberikan pupuk secara rutin, kalau perlu memberikan pengusir hama. Sebab yang namanya tanaman kalau dibiarkan, terkadang banyak hama yang merusak pertumbuhan tanaman ini.

Proses pemeliharaan ini akan cukup lama, karena untuk mengembangkan bunga tulip memang perlu kesabaran dan ketelatenan. Maklum bunga ini adalah bunga yang bukan asli dari Indonesia. Maka dari itu, perlu adaptasi lebih untuk menjaga bunga ini agar tetap tumbuh baik di iklim Indonesia.

Panen dan Melihat Hasilnya

Langkah terakhir adalah panen. Ketika beberapa langkah di atas sudah kamu laksanakan. Bunga tulip yang kamu tanam akan panen dengan baik. Bunganya akan mekar tumbuh dengan baik dan nyaman kamu pandang. Dijamin deh, pasti bunga ini bakalan lebih mewarnai hari-hari kamu.

***

Itulah beberapa langkah yang bisa kamu terapkan di rumah untuk menanam bunga tulip. Langkah-langkah di atas bisa dijamin lancar, jika kamu terus mencoba dan bersabar jika ada sebuah kegagalan, memang tidak mudah tapi kalau berhasil pasti keren. Selamat menanam bunga tulip…

Menu - 1Menu - 2
error: Content is protected !!