Turut Berbela Sungkawa dengan Karangan Bunga

Saat ada pejabat atau orang penting disekitarmu atau di kotamu yang meninggal, pasti kamu pernah melihat berjejer karangan bunga yang diletakkan di rumahnya. Atau bahkan ketika pejabat tinggi negara yang meninggal dan disiarkan di televisi, pasti tershoot juga karangan bunga beserta nama pengirimnya berjejer di depan rumah duka ataupun pemakamannya.

Bunga seringkali digunakan untuk menyatakan perasaan atau suatu hal yang penting, salah satuny adalah duka cita. Karangan bunga duka cita adalah bunga yang disusun sekreatif mungkin dengan bentuk yang menarik, dan diperuntukkan ketika ada orang yang meninggal dunia. Karangan bunga ini biasanya menggunakan media papan atau sterefoam. Didalam karangan bunga tersebut biasanya tertulis ucapan “turut berbela sungkawa” dengan nama orang yang meninggal dunia, tak lupa pula nama orang atau instansi terkait yang mengirimkannya.

Berikut adalah contoh dari karangan bunga duka cita :

karangan bunga duka cita

Selain bentuk diatas, ada juga karangan bunga yang biasanya ditempatkan di pemakaman orang yang meninggal dunia. Biasanya karangan bunga tersebut berbentuk lingkaran dan ditempatkan di nisan orang yang meninggal dunia tersebut.

 

Karangan bunga Duka Cita Bulat

 

Karangan bunga duka cita ini dapat bermakna beberapa hal, yang seharusnya kita mengetahuinya juga agar tidak ikut-ikutan memberikannya kepada seseorang yang meninggal dunia. Berikut adalah makna dari karangan bunga duka cita :

Turut Berbela Sungkawa

Bunga dapat digunakan sebagai salah satu bentuk untuk mengungkapan ucapan bela sungkawa. Karena siklus bunga dapat disimbolkan dengan siklus hidup dan mati. Bahkan ada penelitian yang mengungkapkan bahwa pemberian bunga dukacita kepada keluarga yang berkabung merupakan hadiah yang bermakna. Ketika perasaan kita teramat mendalam dan tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata, bunga bisa menjadi alternatif pilihan, bahkan untuk perasaan simpati dan bela sungkawa.

Pemberian Rasa Hormat Terhadap Orang yang Meninggal Dunia

Tentu hal ini akan menjelaskan kenapa kebanyakan yang akan menerima bunga dukacita adalah petinggi, pejabat, maupun orang-orang penting pada suatu daerah maupun wilayah. Pemberian bunga duka cita tersebut tentu banyak dari relasi kerjanya, anak buahnya, bahkan kantornya “orang yang meninggal dunia” tersebut. Bunga mawar merah maupun mawar putih juga bisa digunakan untuk menyatakan rasa hormat terhadap seseorang. Sehingga pemberian bunga dukacita juga dapat dikategorikan, meskipun sudah meninggal dunia, orang tersebut akan tetap mendapat rasa hormat dari yang memberinya sebagai relasi kerja maupun anak buah.

Doa dan Harapan Positif untuk Keluarga yang Ditinggalkan

Selain melambangkan kehidupan dan kematian, bunga juga dapat melambangkan harapan. Bunga dapat menjadi suatu bentuk pengharapan kepada keluarga yang ditinggalkan agar tetap tabah dan sabar menghadapi cobaan. Selain itu, bunga juga bisa menjadi bentuk ucapan semangat kepada keluarga yang ditinggalkan untuk menjalankan hari-hari selanjutnya. Selain itu warna pada bunga juga dapat menjadi suatu bentuk relaksasi kepada keluarga yang ditinggalkan, sehingga keluarga yang berkabung dapat merasa lebih nyaman dan tenang.

Macam-macam Bunga Duka Cita

Bunga yang digunakan untuk rangkaian bunga duka cita ini pun berbagai macam. Salah satu komposisi yang bisa digunakan adalah bunga favorit dari orang yang meninggal dunia tersebut. Namun jika kita tidak mengetahui bunga favoritnya, bunga-bunga berikut bisa menjadi alternatif untuk karangan bunga duka cita.

1. Bunga Mawar

Bunga mawar merah, kuning dan putih bisa menjadi pilihan. Mawar merah dapat melambangkan rasa hormat dan bentuk ucapan terimakasih kepada almarhum selama hidupnya. Mawar kuning melambangkan ikatan persaudaraan antara penerima dan pemberi. Sedangkan mawar putih melambangkan rasa hormat, kesucian dan kepolosan.

2. Anyelir

Anyelir putih dan merah bisa menjadi pilihan. Anyelir putih lebih menyatakan rasa empati sedangkan anyelir merah untuk menyatakan semangat bagi keluarga yang berkabung.

3. Lily

Lily putih bisa menjadi pilihan, karena aroma bunga ini memang identik dengan rumah duka maupun pemakaman. Bunga ini melambangkan kesucian, keagungan, kemurnian, bahkan rasa empati.

4. Krisan

Bunga ini melambangkan simpati dan rasa hormat. Namun yang lebih cocok adalah bunga krisan putih. Beberapa negara seperti China, Jepang, dan Korea melambangkan bunga ini sebagai ucapan keprihatian dan kesedihan yang mendalam.

5. Gladiol

Bunga ini memiliki beberapa warna yang menarik dan batang bunga yang tinggi. Bunga ini dapat digunakan sebagai lambang ketulusan dan rasa hormat terhadap orang yang sudah meninggal dunia. (aliciaflorist.com)

Menu - 1Menu - 2
error: Content is protected !!