SMS/WhatsApp: 08114443702 - Tlp. 04118981803 aliciaflorist01@gmail.com

Bunga merupakan sebuah media untuk mengungkapkan perasaan yang cukup banyak digemari. Selain keindahan dan baunya yang harum, bunga memiliki arti yang berbeda beda pada setiap warna dan jenis bunganya. Biasanya bunga akan dirangkai menjadi sebuah karangan bunga yang indah baru diberikan terhadap seseorang yang dituju.

Dari sejarahnya, rangkaian bunga pada zaman Yunani kuno pada tahun 600-146 SM, banyak rangkaian bunga berbentuk lingkaran dan kalung yang diletakkan di pundak para pahlawan, patung dewa dan dewi, makhluk hidup, ataupun digunakan sebagai penghormatan terakhir bagi orang yang sudah meninggal. Lalu di Eropa pada abad ke-13 rangkaian bunga mulai banyak dikenal. Bunga, daun, dan buah yang dirangkai dan digunakan untuk menghias gereja katedral. Bahkan pada abad ke-14 dan 15 banyak lukisan, manuskrip, dan pita yang dihiasi vas bunga tinggi berisikan setangkai bunga yang indah. Dan pada awal masa renaisance yaitu pada tahun 1400-1600an barulah semua seni merangkai bunga berkembang pesat tidak terkecuali bunga papan.

Pada tahun 1970an, bunga papan dikenal dengan istilah steekwerk. Steekwerk berasal dari bahasa Belanda yang terdiri dari 2 kata, yaitu steek yang berarti sulam dan werk yang artinya pekerjaan. Sehingga steekwerk berarti pekerjaan menyulam bunga diatas sebuah media menjadi suatu bentuk yang indah. Dalam sejarah bangsa kita tidak pernah lepas dari bangsa Belanda, itulah sebabnya istilah bunga papan tadi berasal dari bahasa Belanda. Namun dulu bunga papan bentuknya belum seindah dan sevariatif sekarang. Pada masa itu bunga papan dibuat dari gundukan tanaman rambat lalu dipadatkan dan diletakkan di atas kayu atau bambu besar kemudian dibentuk menjadi sebuah papan berukuran besar seperti layar. Untuk menutupi gundukan digunakan kain yang kemudian disulam dengan bunga.

Sebelumnya istilah bunga papan tidak dikenal oleh para pedagang bunga. Kata bunga papan merupakan terjemahan dari kata steekwerk tadi oleh internet marketer yaitu rangkaian bunga yang berada diatas kotak seperti papan. Yang mana hal tersebut tidak terlepas dari kata flower of board yang sering digunakan para pembeli luar negeri kepada para pedagang bunga di Indonesia.

Karangan bunga papan khususnya di Indonesia kini banyak peranannya dalam masyarakat. Dari masyarakat biasa, para pembisnis, instansi kecil hingga instansi yang besar banyak menggunakan karangan bunga tersebut untuk sekedar menunjukkan sebuah apresiasi atau kepedulian yang ingin ditunjukkan kepada kerabat atau rekan bisnis. Nah, dari hal tersebutlah asal karangan bunga papan digunakan sebagai ucapan selamat. Bisa ucapan selamat di hari pernikahan atau selamat atas suatu keberhasilan seseorang atau sebuah instansi.

Selain sebagai ucapan selamat, bunga papan juga memiliki kegunaan lainnya misalnya untuk sarana promosi, sebagai bentuk support atau dukungan, dan menciptakan pencitraan yang baik bagi pengirimnya. Untuk setiap karangan bunganyapun bisa berbeda beda dan juga bisa disesuaikan dengan keinginan si pengirim. Sekarang mendapatkannya juga mudah. Tinggal cari saja di toko bunga online yang sudah banyak diinternet atau media sosial lainnya. Tidak seperti dulu yang harus repot repot datang ke toko bunganya yang belum tentu dekat dari rumah.

Itulah sekilas tentang histori muncul karangan bunga ucapan selamat, sekian dulu yaaaa 🙂
Jika ingin membeli sekarang, nih ada saran buat florist online yang sudah terpercaya dan berkualitas. Kunjungi aja websitenya di www.aliaciaflorist.com dan ungkapkanlah perasaan Anda melalui bunga.

Menu - 1Menu - 2
error: Content is protected !!