Cara Menanam Bunga Anggrek

*ist

Hai sahabat semua, gimana kabarnya? Semoga kamu sehat selalu. Kali ini Alicia Florist akan bagi-bagi tips dan trik. Yaitu bagaimana cara menanam bunga anggrek agar berhasil. Gimana sih bunga anggrek bisa tumbuh baik ketika kamu tanam?

Bunga anggrek adalah salah satu bunga yang memiliki pesona. Banyak orang yang sudah mengakui kalau bunga ini sangat indah ketika sudah berbunga. Terkadang ditanam dengan cara menempel dan terkadang di tanam di pot.

Tergantung pemilik bunga suka pemandangan seperti gimana. Nah, kali ini kami bakalan bagi tips bagaimana cara menanam bunga anggrek di pot berhasil dan sukses.

Siapkan Bibit Berkualitas

Untuk menyiapkan bibit, kamu harus memilih bibit yang berkualitas. Cara menciptakan bibit anggrek adalah dengan dua cara, yaitu dengan cara vegetatif dan generatif. Cara vegetatif bisa kamu pakai jika kamu memiliki bunga anggrek besar yang sudah memiliki cabang atau indukan yang siap untuk dibibitkan.

Sedangkan kalau cara generatif, kamu memerlukan biji dari bunga anggrek. Jadi kamu perlu menyemaikan dan bersabar menunggu bunga yang satu ini tumbuh dari benihnya. Cara secara generatif dilihat sepertinya harus butuh banyak waktu dan tentunya kamu harus lebih sabar.

Tentukan Media Tanam

Jika kamu sudah punya benihnya, kamu harus menyiapkan media tanam. Bisa memakai tanah biasa, tanah dalam pot, batu bata, kerikil, hingga pecahan genting. UNtuk media tanam, kamu tidak perlu terlalu khawatir, karena bunga anggrek bisa tumbuh dengan baik dengan media yang baik.

Setelah kamu siapkan media tanam, jangan lupa media itu kamu berikan pupuk atau nutrisi. Agar bunga anggrek kamu segera tumbuh dan berkembang.

Tanamkan Pada Pot

Cara menanam bunga anggrek dalam pot memang sederhana. Setelah media siap, pindahkan bibit bunga kamu ke dalam pot. Ketika pemindahan ini, kamu perlu hati-hati. Jangan sampai ada akar yang terluka, sebab hal ini akan mempengaruhi pertumbuhan bunga anggrek kamu.

Jangan lupa ketika sudah di taruh dalam pot, kamu harus memberikan pengairan atau irigasi yang cukup. Bunga anggrek perlu air, tapi tidak butuh banyak. Cukup setiap hari disirami dengan jumlah air yang tidak terlalu banyak.

Pelihara Bunga Anggrek

Setelah sudah di pot, kamu harus meletakkan bunga itu baik-baik. Cara menanam bunga anggrek yang benar ketika proses pemeliharaan adalah memperlakukan bunga anggrek seperti keluarga sendiri. Kamu harus memberikan pupuk, air, dan tentunya memberikan anti hama.

Meski bunga ini nampak terlihat kuat, tidak ada jaminan kalau bunga anggrek tidak bisa dihinggapi hama. Tentu hama tumbuhan akan tetap menyerang. Maka dari itu, perlu banget kamu memberikan anti hama pada tanaman anggrek kamu.

Nikmati Hasilnya

Setelah kamu rawat, nanti akan timbul hasilnya. Kamu perlu sabar untuk menunggu bunga yang satu ini tumbuh. Namun jangan khawatir, ketika kamu memberikan nutrisi yang baik dan tepat, plus air yang cukup, tanaman anggrek pasti bakalan cepat berbunga.

Alangkah indahnya, jika bunga yang kamu rawat dengan baik, kamu sayang akhirnya berbunga dan dengan kecantikannya mampu memberikan warna pada rumah atau ruang kamu.

***

Itulah cara menanam bunga anggrek yang sederhana dan bisa kamu terapkan di rumah kamu. Memang butuh kesabaran ketika kamu memutuskan untuk memelihara bunga anggrek, namun kesabaran itu bakalan terbalas ketika akhirnya kamu bisa melihat bunga yang kamu tanam berbunga indah menghiasi rumah kamu.

Baca juga:

Menu - 1Menu - 2
error: Content is protected !!